Travel / wisata

What to do when you missed a flight?

Missing a flight is probably the worst thing that could happen before you fly and I just missed my flight this afternoon. This was my first time missing a flight, it was a terrible experience, but with the help of my super mom I managed to get another flight. Now I want to share with you what you should do when you missed a flight.

1. Make sure you really missed the flight

When you think you miss the flight or when you are told that you miss your flight chances are you can still get into the plane. Some airlines have a very strict timing but there are few airlines that are not. Ask the counter staffs whether you can still get into the plane, a “please”, winking, flirting or begging might help. Cry if necessary. Sometimes what the staffs consider as “miss a flight” is usually just “didn’t show up right after the last call is announced”. But this is pretty much depends on the mercy of the staffs and how late you are. If let say the departing time is 1 pm and you show up at 1.30 pm then it is an absolute no. Don’t bother begging. But if after you beg you are given the chance to get into the plane then DO IT QUICKLY!!! Get your passport & boarding pass ready with you, cooperate in every immigration & security checks, walk (run!) directly into the correct gate, skip duty-free, skip toilet! Usually you will be accompanied by one of the airline staff until you get into the plane. This person is usually talking busily on the walkie-talkie making sure the pilot and all the passengers wait for you. FOLLOW HIM/HER!

2. Stay calm

As with any urgent situation stay calm is important. If after you try all those you still miss the flight then panic is no use. You might feel some uncomfortable feelings be it sad, angry, confuse or others and that’s normal. But you have to get over it quickly and calm down. Now is the time to plan your next action. After you missed the flight then you have two options to choose from: 1) find another flight, or 2) cancel your flight & trip altogether (forgetting those nice sunny beaches you’re dreaming all this time). I don’t generally think cancelling your flight & trip will be a good idea for most people.

3. Find another flight

Finding another flight doesn’t necessarily buying a new flight ticket. Depending on your ticket type / status and the airlines, you can reschedule your flight to another time even after you missed the flight. Some airlines charge a fee, some don’t. Again, that depends on your ticket status & the airlines. The counter staff will give you information on how you can reschedule your flight.

You have to know that there is a chance you might not be able to fly on the same day you missed your flight, not even the next day. You can only reschedule your flight to the next nearest available flight. Some airlines just fly to a particular city once a day, some even only 3 days a week, and so on. You have to check the timetable of your airlines.

If reschedule is not possible (as is the case with low-cost airlines) or if you can’t wait until the next nearest flight then you can buy a new flight ticket at the airport. Please take a note that buying a last-minute flight ticket can be very very expensive.

4. Be punctual on your next flight

After you get your new ticket now is the time to prepare for your next flight. Come to the airport earlier and check in early. You don’t want to miss your flight twice! As a rule of thumb you should check-in 2 hours before the stated departure time. And that means you should arrive at the airport earlier than that.

Most of the airlines now provide a way for you to self check-in whether it’s online or at the self check-in kiosk in the airport. Use this to safe the hassle of queuing in the check-in counter. But remember, if you have a check-in baggage (those you don’t want to bring along to the cabin) you still have to drop your baggage at the baggage-drop counter though the queue is usually shorter.

After all the process at the counter you still have to go to immigration check (for overseas flight) and that takes time too. Shopping, eating, go to the toilet also take time. Even finding & walking to the right gate takes time… So always, always, and always be aware of your time. Listen to all the announcements (even tough most airports I’ve been to have awful announcement sound) for they might announce updated information about your flight etc.

I hope you learn from your missed flight as much as I do and hopefully you’ll enjoy your next flight and never miss any flight ever again. 😀

Iklan

Saatnya Telah Tiba

Setelah mendapatkan cuti dengan proses yang berbelit-belit dan tidak jelas akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. Bulan Agustus tahun lalu gue bantuin nyokap gue beli tiket AirAsia lewat internet dan hampir setahun kemudian, besok, gue akan berangkat ke Singapura.

Nyokap uda menyuruh gue bikin jadwal perjalannya dari jauh-jauh hari tapi gue lom bener-bener cari tau n bikin ampe minggu lalu. Nyokap mungkin uda kesel & capek nyuruh-nyuruh gue jadi dia sendiri yang bikin jadwal akhirnya. Begitu gue kasih liat jadwal yang gue bikin kami sedikit berdebat tentang beberapa perbedaan jadwal. Jadwal gue cukup padat, banyak ngunjungin tempat-tempat yang menurut nyokap gue “tidak penting“ dan pastinya menghabiskan uang lebih banyak dari pada jadwal nyokap. Jadwal nyokap lebih santai dan mempertimbangkan gaya jalan-jalan orang lainnya. Gue bikin jadwal untuk gue dan gue rela jalan lebih capek & ngeluarin duit lebih banyak untuk mendapatkan pengalaman yang ga bisa didapat di Jakarta. Buat gue jalan-jalan itu adalah tentang mengalami dan menikmati. Gue ga peduli ama orang lain, kalo ga cocok ama gaya jalan-jalan gue ya silakan memisahkan diri dan jalan-jalan sendiri.

TAPI.. karena ini nyokap gue dan yang ikut jalan-jalan ada sodara juga jadi gue masih mau kompromi sedikit. Dan kalo diliat jadwal gue memang kurang memungkinkan kalo jalan-jalan dalam rombongan besar seperti kali ini.

Hotel udah dipesen nyokap berbulan-bulan lalu, uang Singapur udah ditukar, tiket Universal Studio udah dibeli, baju udah dikemas, paspor dan kartu imigrasi udah disiapkan. Palingan tinggal hal-hal kecil lain yang masih harus disiapin. Mudah-mudahan jalan-jalan kali ini bisa menyenangkan & memuaskan. Amin! 😀

Tujuan Selanjutnya: Singapura

Minggu-minggu kemaren gue ga inget tepatnya hari apa.. kayaknya sih hari Senin tanggal 9 deh.. Pagi-pagi gue denger suara nyokap gue nelpon berisik banget. Gue denger samar-samar nyokap ngomong-ngomong tentang booking tiket pesawat AirAsia bla bla dengan semangatnya.. Waktu itu gue mikirnya palingan nyokap gue lagi bantuin temennya pesen tiket murah AirAsia. Tau-tau ga lama kemudian nyokap bangunin gue dengan tergesa-gesa minta gue bantuin dia booking tiket AirAsia lewat internet. Nyokap bisa pesen sendiri tapi dia bangunin biar bisa booking lebih cepet karena tiket promo AirAsia kan emang terbatas & rebutan dapetnya.

Reaksi pertama gue ya jelas kesel & ogah-ogahan.. Siapa sih yang ga kesel pagi-pagi buta terbangun karena suara berisik trus dibangunin pula untuk sesuatu yang sebenernya bisa dilakukan tanpa bantuan gue..apalagi gue kira minta bookingin tiket orang lain. Nyokap bilang kalo AirAsia lagi ada tiket murah ke Singapur untuk tahun depan & pengen booking untuk gue & nyokap & keluarga om gue. Ya udah deh karena booking buat sendiri jadi gue mau meskipun masih ngantuk-ngantuk juga. Proses bookingnya boleh dibilang lumayan lancar meskipun terjadi sedikit “kehebohan” karena ada data yang kurang jadi harus nelpon tante gue bla bla tapi so far seh booking kali ini mulus. Enaknya booking pagi-pagi ya gitu..traffic di web AirAsia ga terlalu padet jadi bisa langsung dapet. Dulu gue pernah coba book waktu malem-malem jam 11 pas promonya baru mulai dan itu lemotttnya minta ampun & bookingannya sering gagal & harus sering reload & ketersediaan tiketnya cepet banget berubah, sekarang liat masih ada yang promo, abis reload udah ga ada lagi, dst..

Pagi itu gue berhasil membeli tiket tujuan Singapur untuk bulan Juli tahun depan untuk 7 orang: gue, nyokap, ciu-ciu (om), ciu mu (tante), Ricky, Felicia dan Afung (sepupu-sepupu gue). Tadinya nyokap cuma pengen beli buat berenam tapi gue inget Afung (sepupu gue dari tante yang lain lagi) pengen banget ke Universal Studio dan nyokap pernah bilang mau ngajak dia kalo ada tiket murah dan inilah saatnya.. Jadi gue ingetin nyokap dan sempet terjadi “kehebohan” juga tapi akhirnya bisa juga beli tiket buat dia dengan promo dan jadwal yang sama.

Sekarang setelah punya tiket yang harus gue lakukan adalah nabung biar bisa punya uang saku sendiri nanti. Sekalian belajar mengelola keuangan lah.. Kan gue sekarang udah dapet gaji dari magang, meskipun kata orang ga gede tapi bisa lah nabung. Moga-moga rencana jalan-jalannya bisa terlaksana dengan mulus sampai tahun depan & moga-moga tahun depan gue udah punya simpenan uang saku yang lumayan! hehehe… Amin! 😀

Jalan-jalan ke Kuala Lumpur – Pra-keberangkatan

Hari ini atau lebih tepat beberapa jam lagi gue akan pergi ke Kuala Lumpur, Malaysia. Ngapain? Jalan-jalan donk! Gue bisa pergi karena ada tiket promo AirAsia. Mama gue udah beli tiket ini dari tahun lalu.. hahaha.. Kalo ga pake tiket promo mah ga kesampean kali perginya. Gue pergi sama nyokap hari ini. Besok om tante & sepupu gue baru nyusul soalnya pas pesen tiket ga dapet untuk berangkat hari yang sama.. (yah, namanya juga tiket promo)

Untuk jalan-jalan kali ini gue bertekat untuk nulis ‘laporan perjalanan’-nya di blog ini. Sampai sekarang gue belom pernah berhasil menyelesaikan tulisan tentang jalan-jalan gue yang dulu-dulu.. Nah karena ini cuma 4 hari jadi gue pikir bakal lebih gampang buat nulisnya dan gue bertekat abis pulang HARUS bisa nulis tentang pengalaman jalan-jalan gue sampai selesai! hahaha…

Jalan-jalan kali ini udah terrencana dengan lengkap.. Tiket udah beli dari tahun lalu, hotel udah pesen dari minggu lalu, tempat-tempat yang mau dikunjungin udah didaftarkan dan dijadwalkan, transportasi udah dicatat, makanan-makanan yang harus dicoba kayaknya juga udah ditulis ama nyokap, blog-blog orang lain udah dibaca, tips & peringatan udah dibaca juga, dll.  Meskipun begitu jadwalnya masih rada-rada bingung soalnya bayak yang mao dikunjungin (oleh GUE) tapi waktu nya mungkin ga keburu ato nyokap dan yang lainnya ga mao atau duitnya kemahalan.. :p

Jadi garis besar jadwal gue kayak gini:

  • Hari 1 – gue & nyokap bakal nyampe sore atau malem nanti. Hari ini sih yang penting check in hotel dulu dan abis itu jalan-jalan & makan-makan di Jalan Alor aja.
  • Hari 2 – paginya gue pengen naik ke Menara Petronas. Sayang ya gue baca-baca cuma boleh naik ampe jembatan gantung aja.. Taipei 101 aja bisa dinaekin ampe lantai 90-an.. Tapi gapapa lah.. Abis itu mungkin gue jalan-jalan di sekitar KLCC sambil nunggu om gue & keluarganya nyampe. Siang gue pengen ke KL Tower. Malemnya nyokap pengen ke China Town. Tadinya gue rencanain pengen ke KL Bird Park atau ke KLCC Aquaria tapi kayaknya ga keburu.. Kita liat aja nanti..
  • Hari 3 – seharian ke Sunway Lagoon.. gue denger dari temen gue yang barusan dari sono sih katanya bagusan Dufan tapi gapapa lah.. namanya jalan-jalan ya mending dicobain aja daripada penasaran! 😀 Malemnya masih belom tau mau ke mana.. palingan ngiterin mal-mal di Bukit Bintang
  • Hari 4 – kita pulangnya sore jadi pagi & siangnya masih bisa jalan-jalan.. lom tau nih mau ke mana.. mungkin ke Little India ato ke tempat lainnya.. Kalo sempet ya pengen ngajak sepupu gue main ke Cosmo’s World di Berjaya Time Square. Tapi ya tergantung nyokap & yang lainnya lah mau ke mana.

Kira-kira begitulah rencana perjalanan gue.. Belum tau nanti prakteknya gemana, mudah-mudahan lebih asik dari rencana! Pastinya banyak tempat-tempat yang ga gue tulis di atas tapi mau gue datengin kayak toko buku, dll, ini mah nanti aja liat keadaan. Smoga perjalanan kali ini menyenangkan seperti perjalanan gue sebelum-sebelumnya! Amin! YEAY!!! 😀