pekerjaan

The Answer of My Prayer

Back in August I published a post titled “Things I Currently Want” and in item number 8 I wrote:


[…] I have applied for a job at a multinational company in Jakarta and have been through the first interview. I still need to go through few interviews, lets hope I can get this job!

The multinational company I was referring to is Accenture. I want to tell you that I FINALLY GET THE JOB! You don’t know how excited I was when I read my inbox that afternoon! My heart beating so fast and I almost cried. I will start working next year. So now I am thinking of writing a series of posts about my journey from how I get to know this company until I am accepted and maybe later on interesting things that will happen during my employment there. Keep reading!

5 reasons why your company should be distributed (via toni.org)

Semua bos & yang pengen jadi bos harus baca ini!

5 reasons why your company should be distributed I've noticed a new trend in Silicon Valley. More and more startups are beginning life as distributed companies, and investors and partners are starting to accept it as normal. Our company Automattic is distributed, and I'm ready to sing the praises of running a business in this way. BTW, I think distributed ("evenly spread throughout an area") is a better description than the more commonly used virtual ("nearly real or simulated to be real") for … Read More

via toni.org

Awal Gue Bisa Magang di Aprisma

Buat yang belom tau.. (Semua juga belom tau.. hahaha), tanggal 12 bulan ini gue mulai magang di Aprisma—perusahaan software gitu deh. Gue emang udah niat pas liburan ini sampai lulus nanti mau mulai-mulai cari kerja soalnya semester 9 nanti cuma ada 1 kelas teori & 1 kelas praktek & dua-duanya di hari yang sama jadi gue pikir sayang kalo hari lainnya nganggur.. Sebenernya sih hari lain buat ngerjain skripsi tapi toh belom tentu gue full ngerjain skripsi dengan penuh niat di saat ga ada kelas.. Nah, kebetulan skitar bulan lalu kalo ga salah waktu mau pulang kuliah gue ketemu Mike dan ngobrol-ngobrol..dari situ deh gue tau tentang magang ini dan gue ikut ngelamar. Awal bulan ini gue udah ngikutin proses administrasinya & tanggal 12 kemaren lah awal gue resmi magang di Aprisma.

Ini detailnya.. Waktu ngobrol-ngobrol ama Mike itu dia cerita kalo dia lagi ngelamar buat magang di kantor temen bokapnya (ya Aprisma itu). Dia bilang setelah magang ada kesempatan buat jadi karyawan tetap dan dia bilang kantor itu lagi butuh orang. Nah, pikir gue ini kesempatan yang bagus jadi abis lulus gue ga usah susah-susah lagi cari kerja, setidaknya sebelom lulus udah ada pegangan lah jadi nanti ga nganggur setelah lulus. Ya udah gue tanya-tanya lebih lanjut syaratnya apa bla bla bla.. Kata Mike ga dituntut punya skill apa-apa seh & nanti ada trainingnya & dapet gaji pula. Setelah tau itu gue jadi makin pengen (maklum lom punya skill apa-apa) dan gue ikutan ngelamar juga. Si Willy, temen Mike & temen gue, juga udah lamar tapi belom dipanggil.

Setelah lumayan lama akhirnya awal bulan ini gue & Willy dapet panggilan bareng (padahal Willy udah ngelamar jauh sebelom gue) dan Mike juga disuruh dateng. Kita ketemu sama kepala HRDnya, dia jelasin tentang magangnya dan tentang kerja di Aprisma. Intinya sih mereka minta komitmen dan keseriusan dari kita. Oya, magangnya ini full time loh! Tapi mereka juga tau kalo semester 9 nanti kita lagi skripsi jadi kerjanya minimal 4 hari seminggu alias boleh izin 1 hari. Setelah itu kita ditanya kapan bisa mulai magang.. tadinya gue jawab tanggal 21 karena kan tanggal 19 & 20 gue mau ke KL. Masa baru masuk magang udah izin 2 hari?! Tapi mereka maunya segera jadi ya nego-nego tanggal 12 deh dan gue boleh izin tanggal 19 & 20 nya… Abis ketemu kepala HRDnya kita dateng lagi buat tanda tangan kontrak. Dan ternyata Meutia & Melinda juga juga mau ikut.. Asik deh jadi tambah banyak temen magangnya!

Kumonnya gemana? Waktu ketemu ama kepala HRD sih gue udah bilang kalo sekarang gue lagi part time di kumon tiap Selasa & Jumat dan dia bilang bisa magang setengah hari waktu ada kumon selama bulan Juli ini tapi kenyataannya minta izinnya itu rada-rada ribet karena mesti minta tanda tangan ama 2 orang atasan dan karena gue rada males kumon juga jadi akhirnya hari Selasa & Jumat gue ga magang setengah hari deh.. Gue kumonnya hari sabtu aja dan bulan ini adalah bulan terakhir gue di Kumon.

Jadi tulisan gue yang mulai melenceng-melenceng ini kalo disimpulkan adalah sebagai berikut..

Gue magang di Aprisma karena:

  • liburan ini gue ga ngapa-ngapain, semester depan juga kuliahnya cuma 1 hari
  • ga mensyaratkan harus udah bisa skill-skill tertentu
  • ada training, gue pengen dapet ilmu beneran juga biar nanti siap kerja
  • ada temen, dan banyak lagi temennya (magang bareng 5 orang kan lebih enak dari pada sendirian!)
  • digaji.. ya kalo diitung-itung ama Kumon sih sebenernya sama. Kumon dapet dikit tapi potongannya dikit juga, ini dapet lebih banyak tapi potongan transport, makan, dll dllnya jauh lebih gede.. Dan kalo dibandingin ama magang yang lain.. Gue jarang nemu magang yang digaji so..buat gue ini kesempatan yang harus diambil!

Sekarang udah hampir 3 minggu gue magang dan sejauh ini sih baik-baik aja.. Semoga gue & temen-temen gue bisa ngejalanin magang ini dengan baik ampe selesai! Amin! 😀