Bulan: Januari 2011

No Post-a-Week Post Untill Thesis is Over

You might (or might not) notice that since new year I has begun to write at least a post every week and it went so well those first weeks.. And as you might (or might not) notice (again) I suddenly stop posting anything for maybe more than 2 weeks now.

I want to let you know that it is because I’m focusing on my undergraduate thesis right now. Yup, undergraduate! That’s what every last year university student does here in Indonesia. I won’t be this busy and panic if I’ve started this months before.. But you know me.. I’m the last-minute person and this is the consequences.

So, no more post untill I’m done with all this thesis thingy! After I’m free I’ll tell you everything about this thesis, maybe about soon-ended internship, and other things. Bye!

Iklan

Kepercayaan Konyol Nyokap tentang Melayat

Hari ini gue ngelayat temen kantor gue. Paginya waktu masih di rumah gue ga bilang ke nyokap kalau mau ngelayat, gue bilangnya waktu kami lagi jalan mau berangkat kerja bareng. Dan muka nyokap gue terlihat terkejut seperti lupa menyiapkan sesuatu yang penting untuk anaknya. Lalu nyokap metik daun dari taneman pendek entah gue ga tau namanya dan ngasih tuh daun ke gue untuk disimpen. Tadinya tuh daun mau gue buang tapi gue inget perintah Tuhan “Hormatilah ibu bapakmu!”.. Err.. Damn!

Gue udah tau tentang takhayul / kepercayaan atau yang menurut dia “tradisi” ini udah lama. Biasanya waktu kami mau ngelayat dia nyiapin beras & garam yang dibungkus kertas merah seukuran satu ruas jari untuk disimpen di kantong. Waktu abis pulang ngelayat juga biasanya kami dilarang langsung masuk ke rumah dan harus cuci-cuci muka, tangan, dan kaki di teras pake air yang udah ditaro bunga / daun dari taneman yang gue ga tau namanya itu (tapi belakangan cuma pake air biasa aja). Dan begitu masuk rumah kami biasanya langsung mandi dan baju-baju kami langsung dipisahin dari baju kotor lainnya. Waktu dulu gue tanya kenapa begini kenapa begitu nyokap ga gitu bisa jawab, jawabannya seinget gue “biar ga diikutin”, “udah lakuin aja”, “itu tradisi dari orang tua”, “soalnya rumah duka itu kotor, banyak kuman-kuman dari mayat”, dll. Dan karena dulu gue masih cuek dan ga gitu kritis ya gue nurut-nurut aja.

Gue udah melayat cukup banyak kali. Dan semakin lama gue makin nganggep melayat ya kayak kegiatan biasa aja, gue bersimpati & ikut berduka cita kepada pihak yang ditinggalkan, ikut “mengantar” arwah yang meninggal dengan ikut ibadah, ramah tamah, makan minum, bahkan ketawa-ketawa (awalnya gue juga ngerasa aneh tapi ya buat apa sedih terus). Tapi sepertinya buat nyokap gue kegiatan melayat itu kegiatan yang penuh dengan “ritual-ritual” aneh-aneh yang gue ga pernah (dan ga mau) ngerti. Mau pergi melayat ya pergi aja, yang penting berpakaian layak & bisa bersikap aja. Kalau pulang dari melayat ya pulang aja, sama aja kayak abis pulang kuliah, pulang kerja, pulang main, dll. Kalo kotor ya mandi, kalo laper ya makan, dst dst.. Ngapain juga ngelakuin hal-hal konyol tak berdasar gitu.. Toh gue & nyokap udah beragama Katolik sejak lama.. ngapain lagi masih ngikutin tradisi-tradisi tak relevan itu?! Sayangnya nyokap gue ga berpikir demikian.

Dan hari inilah puncak kemuakan gue.. Pulang dari kantor, capek, laper.. udah seneng tuh hari ini jam pulangnya normal lagi.. Eeehh.. sampe rumah, masih di teras.. nyokap udah teriak dari lantai atas nyuruh gue langsung mandi dan taro baju kotor di tempat cucian. Gue dilarang makan dulu dan nyokap bener-bener nungguin gue sampe gue naik ke atas. Setiap waktu yang gue habiskan di lantai bawah membuat nyokap gue teriak nyuruh-nyuruh lagi. “Ini apa-apaan sih nyokap”, pikir gue dalam hati. Sampai di atas gue baru tau kalo nyokap teriak dari kamarnya. Gue tau nyokap pasti ga mao ketemu gue sebelom gue mandi karena dulu gue juga pernah disuru “ngumpet” waktu nyokap baru pulang dari melayat. Waktu gue naro tas di lantai nyokap gue teriak lagi, “Jangan masuk kamar (gue) dulu ya!” “ANJRITTTTT.. ni nyokap parno banget seh!!” Pengen rasanya gue langsung masuk kamar nyokap gue semprot abis-abisan tapi gue teringat tentang “Hormatilah ibu bapakmu” itu.. haahhh..

Ya udah gue mandi sambil dalem hati kesel setengah mampus.. “Kayak apaan aja!” “Ketakutan banget gue diikutin setan!” “Gue punya hak untuk makan dulu!” “Gue punya hak untuk masuk kamar gue dulu!” “Hari gini masih percaya gitu-gituan?!” “Percaya ya percaya sendiri aja, ga usah memaksakan hal itu ke gue!” pikiran-pikiran & perasaan-perasaan kesel & marah berkecamuk di kepala gue. Tapi air yang mengaliri kepala & badan gue cukup mampu meredakan sedikit amarah gue.. Gue bilang ke diri gue sendiri “Ini terakhir kalinya.. Ini terakhir kalinya gue mau nurutin kekonyolan-kekonyolan ini! Gue yang nentuin gue mau ngapain aja, bukan nyokap gue!”

Abis mandi gue turun untuk makan malam dan gue langsung bilang ke nyokap kalo ini terakhir kalinya gue mau ngelakuin ini semua, kali berikutnya gue disuruh ini itu gue ga bakal mau lagi. Gue ngomong dengan suara yang sebisa mungkin gue tahan jangan sampe teriak, tapi suara gue masih terdengar kenceng sih. Gakpapa lah.. Biar nyokap gue bener-bener tau gue ga percaya, ga mau tau, ga mau inget hal-hal itu lagi. Soalnya setiap kali gue bilang baik-baik gue ga mau & ga percaya nyokap tetep aja memaksakan hal itu ke gue.

Alasan gue ga mau lakuin hal-hal aneh itu gampang, sederhana, dan masuk akal. “Kenapa?”, nyokap gue ga bisa jawab, jawaban nyokap gue bukan jawaban menurut gue, itu cuma alasan. “Buat apa?”, gue ga melihat kegunaan / manfaat melakukan hal-hal itu. “Tradisi” ini harus dihilangkan! Setidaknya boleh-boleh aja orang lain percaya tapi jangan paksain gue untuk percaya/ngelakuin hal itu. Sampai ada alasan jelas tentang itu semua gue ga akan mau lagi ngelakuin hal-hal bodoh macam itu. Pergi melayat ya pergi aja, pulang dari melayat ya juga pulang aja. Itu cuma kegiatan biasa kok!

Facebook is Eventually Forcing Its New Profile (Again)

FacebookEvery time Facebook changes its layout there are pros & cons. I guess the cons is almost always more than the pros. And even if people complaining about it Facebook always delivers those changes without giving us the option to keep using the current one. It always comes in this cycle: Facebook change its layout – people complain – people stop complaining – Facebook change its layout (again) – people complain (again) – and so on…

The same happens this time. Facebook has launched the new profile for quite a time. The time it launched people were given the option to use this new profile but as a lot of people suddenly found it was a no-turning-back option. That’s why I keep using the “old” profile because I know sooner or later Facebook will push this new profile to everyone.

And that time has come. Today I logged on to Facebook and saw a banner written:

Coming Soon: Your New Profile
In the next few days you’ll be upgraded to the new profile, which offers more ways to show and tell your story.
with the option to update now or to learn more. This is it.. Ready or not.. Want it or not.. The new profile is coming. It says “more ways to show and tell your story”, it’s true..even if you don’t want to. And it also means less way not to share. We’ll see wheter I’ll like the new profile or not. I’ve seen my friends’ new profile but seeing & using are two different things, aren’t they? 😉

Aku, Rumahku dan Kecoa

Gue benci (dan takut) sama kecoa. Dan gue yakin banyak orang lain yang juga begitu. Kecoa hampir pasti pernah menjadi masalah bagi siapa pun. Yang ga takut ama kecoa pun sering dibuat kesel oleh kehadirannya di tempat yang ga diinginkan. Intinya at some point in their life hampir semua orang pernah berurusan ama kecoa. Dan biasanya entah cara apapun yang digunakan untuk membunuh atau mengusir kecoa hanya berhasil untuk sementara waktu. Kecoa akan tetap datang “menjajah” wilayah kita lagi dan lagi. Perang ini seolah-olah ga akan pernah selesai.

Hal ini pun terjadi di rumah gue. Rumah gue sering “dijajah” oleh kecoa dan meskipun udah dibunuh berkali-kali entah dengan diinjek atau disemprot baygon kecoa tetep aja dateng lagi. Usaha buat ngebersihin sudut-sudut rumah dan lemari-lemari perabot pun sepertinya ga membuat kecoa enggan datang. (kayaknya kecoa seneng tempat bersih juga)

Waktu taon baru kemaren nyokap ngobrol-ngobrol tentang masalah ini ke tante gue dan tante gue menyarankan daun pandan sebagai solusi mengusir kecoa. Gue belom pernah denger daon pandan bisa dipake untuk ngusir kecoa. Kata tante gue sih kecoa ga suka ama daun pandan dan tante gue suruh nyokap coba taro daun pandan di tempat-tempat yang sering didatengin kecoa seperti yang dia lakukan di rumahnya. Kalo daun pandannya udah kering dan ga wangi ganti dengan daun pandan baru yang segar.

Nyokap gue coba dan sejauh ini katanya cara ini berhasil. Gue ga gitu cepet percaya (karena cara ini baru dicoba beberapa hari) dan gue tanya dari mana nyokap gue bisa berkesimpulan kayak gitu. Nyokap bilang biasanya hampir setiap hari waktu baru masuk rumah setelah pulang kerja dia mergokin kecoa sedang ber-“wisata” di dalam rumah dan setelah pake daun pandan itu dia ga pernah ngeliat hal itu lagi.

Sepertinya gue juga ga pernah ngeliat kecoa lagi waktu gue malem-malem turun ke lantai 1. Biasanya waktu gue turun ke lantai 1 malem-malem sesudah semua lampu dimatiin gue sering ngeliat kecoa sedang menjelajah dapur. Ya mudah-mudahan cara ini benar-benar berhasil (bukan cuma perasaan ato sugesti aja) jadi ga perlu lagi ada kecoa-kecoa “tak bersalah” yang harus mati di rumah gue. Tentunya jalan damai macam ini jauh lebih baik dari pada harus kontak fisik dan angkat baygon (baca: senjata). Hehehe… Buat pembaca yang pengen coba silakan coba juga biar gue bisa tau cara ini bener-bener efektif ato ga.

My Blog Review in 2010

I just got an email from WordPress today showing how my blog was doing in 2010 and here is the result:

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

A helper monkey made this abstract painting, inspired by your stats.

A Boeing 747-400 passenger jet can hold 416 passengers. This blog was viewed about 9,200 times in 2010. That’s about 22 full 747s.

In 2010, there were 23 new posts, growing the total archive of this blog to 106 posts. There were 2 pictures uploaded, taking up a total of 172kb.

The busiest day of the year was November 15th with 103 views. The most popular post that day was Kisi-Kisi UTS IMK.

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were google.co.id, search.conduit.com, id.wordpress.com, facebook.com, and taiwanchinasummerprograms.blogspot.com.

Some visitors came searching, mostly for kode puk xl, puk xl, poster lingkungan, no puk xl, and domino pizza jakarta.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

Kisi-Kisi UTS IMK November 2008

2

Kartu SIM XL Keblok December 2008
27 comments

3

Cara Beli Tiket Kidzania Lewat Internet December 2008

4

Cara Minta Surat Keterangan Kehilangan dari Polisi April 2009
6 comments

5

Domino’s Pizza Hadir di Jakarta September 2008
1 comment

I have never gotten any email like this before. I think they just start sending this email this year. I also a little bit surprised that they think my blog is somehow “healthy” (look at the Blog-Health-o-Meter™ ! 🙂 ) because all I remember is I’ve never really write what I wanna write, all just ended in my mind. But then I’m happy that they thought my blog is healthy. Maybe it’s their way to make lazy blogger like me motivated & boost up in this new year! Hahaha..

Hadiah Natal 2010

Beberapa hari sebelum Natal nyokap pulang dari pesta akhir tahun di kantornya dengan membawa doorprize iPod shuffle (generasi ke-4) dan beberapa doorprize lainnya. Seperti biasa gue lembur (wew..) hari itu dan nyokap udah tidur waktu gue pulang jadi gue ga tau kalo nyokap bawa pulang iPod. Besok paginya gue tanya nyokap dia dapet doorprize apa dan dia nunjukin iPod shuffle. Awalnya gue agak skeptis ama tu iPod.. gue pikir palingan juga iPod palsu kayak yang dulu temennya pernah kirim. Tapi setelah diperhatiin, kemasannya rapi & halus, iPodnya juga kliatan meyakinkan dan gue ga menemukan alasan kenapa iPod ini palsu jadi mungkin ini emang iPod shuffle beneran. Nyokap bilang anggep aja ini hadiah ultah (?!) tapi besokannya diralat jadi hadiah Natal. Jadi Natal tahun ini gue dapet hadiah Natal iPod shuffle dari nyokap gue. What a nice little present! 😀

iPod ini juga menjadi iPod pertama yang gue punya sekaligus mungkin hadial Natal pertama setelah (mungkin) bertahun-tahun.. Emm.. gue pernah dapet hadiah Natal dari ortu ga ya sebelomnya?? Setelah dapet iPod ini gue ga buru-buru buka dan bersemangat ngutak ngutik kayak anak kecil yang dapet mainan baru tapi gue diemin dulu soalnya gue punya rencana buat motret iPod ini untuk di-upload di Wikimedia Commons dan rekam video pembukaan kotaknya (unboxing) untuk di-upload di YouTube.

Alasannya gampang aja, gue mau menyumbang pengetahuan. Kalo diliat di Wikipedia atau di Wikimedia Commons gambar iPod shuffle generasi ke-4 masih sedikit, gue berencana motret kotaknya dari berbagai sudut dan motret semua isi kotaknya. Siapa tau gambar gue dipake di Wikipedia. Dan di YouTube pun video-video unboxing yang ada kebanyakan berbahasa Inggris dan kayaknya belom ada yang berbahasa Indonesia. Lumayan kan kalau ada video unboxing iPod yang berbahasa Indonesia.

Jadi beberapa hari sesudahnya gue menyempatkan diri buat moto-moto dan rekam video dan inilah hasilnya:

(gue belom upload foto-foto ipod gue ke Wikimedia Commons, gue bakal kasih linknya kalo gue udah upload)

Proses rekam videonya ga semudah yang gue bayangkan.. Waktu mulai ngerekam gue jadi agak grogi dan agak lupa mau ngapain aja & ngomong apa aja padahal sebelomnya gue udah liat-liat video-video lain di YouTube dan ngebayangin video gue sendiri. Gue pengen video gue lebih detail dari video-video yang udah ada dan gue pengen yang liat bisa ngerasain proses ngebuka kotak ipod shuffle dan ternyata hasilnya seperti ini. Suara gue terdengar aneh dan bahasanya kaku banget, gue juga sempet diem kelamaan ga tau mau ngapain lagi, dan ada bagian yang ga direncanain.. tadinya gue ga mau ngejelasin fisik ipod-nya tapi pas ngerekam tau-tau gue jadi ngejelasin tombol-tombolnya, logo apple, jepitan, bla bla bla..

Meskipun hasilnya sedikit berbeda dari yang gue harapkan tapi gue tetep upload tu video apa adanya, selaen males edit gue juga berusaha jujur dan menerima hasil karya gue apa adanya. Selanjutnya gue punya rencana untuk bikin subtitle dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris biar video gue bisa terakses ke lebih banyak orang.