Moral of the story


Setelah sampai di rumah setelah jam & dompet gue ilang gue dapet sedikit ceramah dari ortu. Tapi untung lah ortu pengertian jadi gue ga diomelin. Ya tetep ada kesel-kesel juga tapi mereka juga maklumlah..nyokap gue aja bisa liat muka gue udah murung banget.. haha.. Mereka jadi ngasih tips-tips yang udah sering gue denger (baca: abaikan) lagi dan mereka ceritain pengalaman mereka. Nyokap cerita waktu muda dia pernah ditodong beberapa kali dan pernah ditodong pake piso di lehernya..gue ngebayanginnya serem aje! Bokap juga cerita ini itu tentang pencurian & penodongan yang dialamin sodara dia gitu lah. Intinya sih mereka berbagi pengalaman & kita mengevaluasi kejadian ini bersama.

Yang jam tangan ilang sih itu jelas gue yang salah ninggalin jam tangan sembarangan. Gue sendiri juga menyesal dan merasa bersalah. Itu jam dibeli 2 tahun yang lalu di pasar baru, model jam bapak-bapak, merk Casio, model simpel, dan harusnya sih bakal awet. Gue demen lah pokoknya! Sayang ketinggalan & ilang! T.T Nyokap bilang lain kali ga usah lepas-lepas jam tangan biar buang air kecil kek, buang air besar kek, di WC kantor kek, di WC umum kek, di mana pun.. Kalo bokap bilangnya kalo mau lepas jam tangan itu simpennya di kantong jangan ditaro sembarangan tapi nyokap gue bilang kalo gitu nanti bisa jatoh..dst..dst..

Kalo tentang dompet.. jujur aja gue ga nyadar dicopetnya di mana.. tapi setelah gue cerita ke Willy dia bilang waktu itu juga ada orang yang mau nyopet dia tapi keliatan dan malah dia pegang tangan pencopetnya, akhirnya pencopetnya malah marah & nendang Willy.. Aneh! Tapi gue ga tau ada kejadian itu (padahal 1 bis ama dia) mungkin karena gue udah ngantuk & pikirannya cuma sampe rumah secepet mungkin. Trus Melinda kemaren-kemaren juga bilang ada yang mau nyopet tas dia. Setelah cerita-cerita ternyata temen magang gue yang lain lagi, Mike, juga pernah hampir dicopet HPnya tapi ketauan dan pencopetnya ga jadi ambil. Bis 213 itu katanya emang rawan pencopet. Gue baru mulai sering naik 213 waktu magang ini sih. Sebelomnya jarang (hampir ga pernah) naik 213 dan gue belom tau ‘reputasi’ bis 213. Mungkin gue dicopet karena gue waktu itu keliatan ngantuk dan ga awas. (kalo nyokap bilang gue kliatan lugu.. wew..) Yaa..mungkin juga sih.. Pencopet pasti milih target yang menurut dia gampang dicopet.

Selama ini bertahun-tahun gue naik metromini, kopaja, mikrolet, dan KWK aman-aman aja.. paling juga ada preman dan pengamen yang minta-minta duit maksa-maksa gitu. Terakhir kali gue kecopetan itu waktu gue kelas 2 SMA pulang sekolah naik kopaja jam 7an malem gitu. Gue berdiri dan ngantuk-ngantuk juga. Waktu itu HP gue yang ilang dan gue juga nyadarnya setelah di rumah. Sejak saat itu gue ga pernah pake HP bagus. hahaha..

Bokap bilang kejadian kali ini mungkin karena gue lagi dapet bintang item (bahasanya aneh!) alias lagi sial ampe-ampe jam & dompet ilang di hari yang sama. hahaha.. Dan mungkin juga karena udah mao lebaran. Trus nyokap bilang lain kali simpen dompet di tas aja. Tapi klo di tas bisa disilet juga..tapi kalo tasnya dipake di depan masih bisa diliatin lah ya.. Bokap juga heran kenapa dompet yang ditaro di kantong kanan depan masih bisa dicopet. Beda kalo ditaro di kantong belakang yang emang gampang diambil orang. Nyokap juga bilang kalo di bis jangan sekali-sekali tidur dan harus selalu waspada trus nyokap mulai bilang gue harus tidur lebih cepet bla bla.. Nyokap demen banget tuh nyuruh gue tidur cepet!

Ya mulai sekarang gue lebih hati-hati lah kalo naik kendaraan umum apapun. Gue sekarang ikutin saran ortu gue aja dompet taro di tas, dll dll.. Kalo lain kali kecopetan lagi (amit-amit!!) toh gue udah ngikutin tips-tips dan saran dari ortu. Ya tentunya gue sih pengennya bisa bepergian dengan aman lah. Siapa sih yang mau bepergian ga aman? Ya ga!?

Tinggalkan Balasan

