Burung Berkicau


Gue seneng banget karena kemarin akhirnya tanpa sengaja gue nemuin buku yang udah lama gue cari-cari yaitu Burung Berkicau oleh Anthony de Mello, SJ. Jadi ceritanya kemaren abis kuliah gue makan ama Dea, Ade, dll di tempat makan vege namanya Metta Karunia ato apalah gitu di gang di sebelah kampus. Abis makan karena masih terlalu cepet untuk pergi ngajar di tempat Tika gue mampir dulu di Galileo, toko buku bekas di deket kampus. Ga ada tujuan nyari ato beli buku tertentu sih, cuma liat-liat dan cek harga aja kali-kali suatu saat gue berniat beli buku kuliah yang udah lewat. hahaha… Udah lumayan lama liat-liat, pas gue mau udahan tau-tau mata gue melihat ke buku kecil di salah satu tumpukan yang bertuliskan “A. de Mello SJ             Burung Berkicau”.

tulisan yang tertangkap mata gue

Nah, pikiran gue langsung penasaran apa itu bener buku yang selama ini gue cari-cari… Lalu gue ambil, gue lihat dan ternyata itu emang buku yang udah lama gue inginkan!😀 Di belakang ada label harga Rp 18000, berarti harga barunya segitu. Trus gue lihat di dalem sampul depannya juga tertulis harganya Rp 18000. “Wah, koq harganya sama kayak harga baru sih?!?” pikir gue.. Meskipun untuk ukuran buku bekas harganya sangat amat mahal (= harga baru) tapi gapapa lah pikir gue.. Yang penting gue bisa dapet nih buku! Untuk buku sebagus ini 18 ribu bukanlah harga yang mahal. Eh pas bayar taunya gue cuma bayar 15 ribu. Gue ga nawar-nawar loh sebelomnya! Mungkin karena yang jual tau gue udah beberapa kali beli buku di situ atau mungkin karena emang harga bekasnya 15 ribu.

sampul depan burung berkicau

Kenapa sih gue suka dan pengen punya buku ini? Hmm.. Pertama kali gue tau tentang buku ini tuh dari buku pelajaran Agama Katolik waktu SMA dulu. Di buku agama itu ada beberapa cerita yang dikutip dari buku Burung Berkicau dan gue suka ama cerita-cerita itu. Cerita-ceritanya membuat gue mikir lebih dalem dan membuka pandangan gue lebih luas. Agak susah sih kalo dijelasin dengan kata-kata. Intinya gue suka ama cerita-cerita yang dikutip dari buku Burung Berkicau ini. Gue pernah nyari buku ini di Gramedia tapi seinget gue ga ada. Makanya gue seneng banget bisa nemu buku ini apalagi di tempat yang ga gue duga.

Buku yang gue beli ini aslinya ditulis dalam bahasa Inggris dan berjudul “The Song of the Bird” dan diterbitkan pertama kali pada tahun 1984. Penulisnya, Anthony de Mello, SJ adalah seorang pastur di India. Buku karya A. de Mello lain yang sering dikutip di buku agama gue adalah Doa Sang Katak (“The Prayer of the Frog”). Mudah-mudahan gue bisa dapet buku ini juga! Di kata pengantar ditulis kalo buku ini dibuat untuk dibaca orang dari berbagai pandangan maupun agama, bukan khusus untuk orang Katolik. Di bagian awal buku ini juga di tulis kalo cerita-cerita di buku ini dikumpulkan dari cerita-cerita pada berbagai agama dan kepercayaan.

Satu lagi yang menurut gue unik tentang A. de Mello… Seinget gue (gue lupa tau dari mana) dia lebih suka menyebut dirinya itu mistikus dari pada imam atau pastur. Tapi gue juga ga tau itu bener ato ga. Dan mungkin karena terlalu terbuka, tulisan-tulisannya dianggap melenceng dari ajaran iman Katolik oleh Congregation for the Doctrine of the Faith. Tapi meskipun begitu tetap banyak orang Katolik yang membaca bukunya.

Nah, sekarang setelah gue punya bukunya gue bisa baca secara lengkap cerita-cerita yang ada di dalemnya dan mudah-mudahan semakin membuka pandangan & pikiran gue (sukur-sukur gue jadi lebih alim! :p ). Tadi sempet cari-cari di google ternyata cerita-cerita ini juga bisa di baca di internet. Jangan tanya gue alamat web nya. Gue udah lupa dan males cari lagi. Mending cari sendiri aja. haha..

One comment

Tinggalkan Balasan

