Energi Listrik dari Hujan


Abis nerbitin tulisan “Apa sih twitter?” turun hujan deras di sini.. Ya, emang udah beberapa hari ini sering ujan deras.. Dan di saat hujan deras kali ini muncul keinginan untuk menuliskan ide yang udah ada di kepala beberapa waktu lalu.

Ga tau tepatnya kapan, beberapa waktu yang lalu sewaktu ujan deras juga..gue berpikir… gemana ya supaya ujan deres begini bisa bermanfaat? Bisa ga ya ujan dimanfaatkan? Lalu gue berpikir dan mengkhayal.. Dan sampailah gue pada mimpi seandainya gerakan tetesan air hujan bisa diubah menjadi energi listrik!

Ya begitulah.. gue kalo mikir suka aneh-aneh.. Dan biasanya gue senang akan hasil pikiran-pikiran gue yang unik-unik itu.

Begini… gue liat ujan itu bisa bener-bener deres dan air yang jatoh itu bener-bener banyak.. Masa iya sih mau dibiarin jatoh gitu aja membasahi tanah? Sayang banget kalo energi yang begitu besar itu ga dimanfaatin. Gue yakin koq energi itu bisa dimanfaatin cuma gue sendiri belom tau dimanfaatin untuk apa dan gemana caranya. Yang baru kepikiran cuma dimanfaatin untuk energi listrik tapi gemana caranya gue belom tau. Yang baru kebayang si sebelum mencapai tanah air hujannya dikumpulin dulu biar energi geraknya makin besar baru nanti arus air hujan yang terkumpul itu dipake buat gerakin generator / turbin listrik. Mungkin aja generatornya dipasang di pipa-pipa pengalir air hujan yang ada di rumah-rumah!

Ato kepikiran juga mungkin di masa depan bakal ada generator listrik skala kecil yang bentuknya tipis dan lebar seperti kawat nyamuk lalu kalau air hujan jatuh melewati alat itu listrik bakal dihasilkan. hahaha…

Pernah juga keinget alat dari Djarum Black Innovation Award yang bentuknya mirip corong raksasa, namanya Payung Urban. Kalo ga salah maksud perancangnya itu alat itu untuk menampung air hujan biar ga banjir dan ide pencipta itu di alat itu dipasang solar panel untuk sumber energi lampu jalan. Nah, gue kepikiran gemana kalo di lubang corong itu dikasih generator listrik jadi air yang masuk bisa gerakin generator itu dan menghasilkan listrik dan listriknya dipake untuk menyalakan lampu.

Terus gue juga kepikiran lampu jalan rancangan Philips. Lampu jalannya bentuknya mirip bunga yang ujung atasnya bisa mekar dan menguncup. Lampu itu dirancang untuk memanfaatkan energi matahari dan angin. Tapi belum menmanfaatkan energi hujan. Kayaknya bagus tuh kalo bikin lampu jalan yang merupakan gabungan dari Payung Urban, lampu jalan Philips, dan ide listrik dari air hujan gue.

Baru itu sih yang udah gue khayalkan.. hahaha.. gue ga kuliah tentang listrik jadi ga gitu tau teknis-teknisnya. Pokoknya mimpi gue itu adalah hujan bisa dimanfaatkan lebih dari skedar untuk pengairan, lebih dari sekedar air yang jatuh ke tanah, proses air jatuh ke tanahnya itu yang harus dimanfaatkan! Kan sayang kalo jatoh gitu aja.. Dan mengingat curah hujan di Indonesia yang sangat besar gue yakin hujan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi yang besar,  bersih, murah, dan ramah lingkungan!

Yah, gue membagikan ide ini dengan harapan ada yang membaca dan mau mewujudkannya soalnya gue belum punya bayangan yang jelas dan pasti tentang teknologi ini, maklum lah kuliahnya bukan tentang listrik. Gue merasa inilah tugas gue untuk membagikan ide ini dan biarin orang lain yang mewujudkannya!

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s