Apa sih twitter?


Hari gini pengguna internet mana sih yang ga tau Twitter? Gue yakin sebagian besar pengguna internet di Indonesia udah tau apa itu Twitter apalagi dulu di TV kata-kata “twitter” sering disebut-sebut gara-gara kasus Luna Maya dan belakangan ini juga baru heboh kasus tentang Marsha yang tweet-nya menimbulkan reaksi yang luar biasa. (Jujur aja gue rada telat tau tentang kasus itu tapi gapapa lah.. GAK PENTING juga! hahaha)

Yang mau gue bahas di sini bukan tentang kasus Luna Maya atau kasus Marsha yang gak penting itu tapi lebih mendasar lagi.. Apa sih arti kata “twitter” itu sebenernya? Kita bangsa Indonesia terutama penduduk kota-kota besarnya sering (baca: selalu) bertingkah sok pinter sok keren dengan berbahasa menggunakan istilah-istilah asing—bahasa Inggris utamanya—yang diserap (baca: dijiplak atau ditiru) tanpa disaring dan dipikiran dulu maknanya. Kita merasa seperti orang pintar & gaul jika menggunakan istilah-istilah asing yang kalau ditanya artinya pun belum tentu tau. Istilah “tweet” & “twitter” ini adalah salah satunya.

Ga usah jauh-jauh.. Kalo Anda salah satu pengguna Twitter coba deh tanya diri Anda sendiri, apakah Anda tau arti dari kata “tweet” atau “twitter”? Atau coba Anda tanya teman Anda tentang arti kata “tweet” atau “twitter”! Bisa gue tebak sangat sedikit orang yang benar-benar tau artinya. Yaa..seperti yang saya tulis diatas..cuma bisa pake tanpa tau artinya.

Mungkin Anda pikir istilah “twitter” & “tweet” itu hanyalah kata-kata karangan Jack Dorsey untuk tujuan popularitas & pemasaran saja karena unik & (mungkin) lucu & (mungkin) mudah diingat. Itu ga sepenuhnya bener! Tau ga kalau kedua kata itu adalah kata-kata dalam bahasa Inggris, udah ada lama jauh sebelum Twitter.com ada!

Menurut Oxford Learner’s Pocket Dictionary,

tweet n short high sound made by a small bird

twitter v 1 (of a bird) make short high sounds, 2 talk quickly in an excited or nervous way

twitter n [sing]

Dan menurut Wikitionary,

tweet n the sound of a bird; any short high-pitched sound or whistle

to tweet v (intransitive) to make a short high-pitched sound, like that of certain birds

twitter n (the sound of) a succession of chirps as uttered by birds

twitter v (intransitive) 1 to utter a succession of bird’s chirps, 2 (of a person) to talk in an excited or nervous manner

Dua kamus itu memberikan pengertian yang hampir sama. Jadi “tweet” sebagai kata benda itu artinya adalah suara bernada tinggi atau siulan yang dikeluarkan oleh burung atau yang dalam bahasa Indonesia ga lain ga bukan adalah kicauan. “Tweet” sebagai kata kerja berarti mengeluarkan suara bernada tinggi seperti suara atau siulan burung, dalam bahasa Indonesia itu berkicau. Pengertian “twitter” sebagai kata benda mirip dengan pengertian “tweet” dan sebagai kata kerja “twitter” bisa berarti lebih luas seperti: 1 menirukan kicauan atau siulan burung, 2 bernyanyi (seperti kicauan burung), atau 3 berbicara dengan penuh semangat.

Karena artinya itulah maka kata “twitter” itu dipilih oleh Jack Dorsey untuk menamai situs Twitter.com. Dan memang layanan untuk “berkicau” lah yang ditawarkan oleh situs tsb. Kita bisa bebas “berkicau” sesuka hati, mengikuti “kicauan” orang lain, dan menanggapinya. Dan kemungkinan besar itu juga sebabnya logo Twitter adalah burung.

Di Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Twitter) ditulis

“… So we did a bunch of name-storming, and we came up with the word “twitch,” because the phone kind of vibrates when it moves. But “twitch” is not a good product name because it doesn’t bring up the right imagery. So we looked in the dictionary for words around it, and we came across the word “twitter,” and it was just perfect. The definition was “a short burst of inconsequential information,” and “chirps from birds.” And that’s exactly what the product was.” – Jack Dorsey

Baru setelah twitter.com populer muncul arti baru dari kata-kata “tweet” & “twitter” dan muncul juga kata-kata turunan seperti “retweet“, “tweetup” dll. Dan jangan salah ya, “tweeter” itu BERBEDA dengan “twitter” loh! “Tweeter” itu adalah pengeras suara yang menghasilkan suara bernada tinggi. Trus, tau Tweety si burung kuning berkepala besar yang ada di kartun Looney Tunes kan? Nah, nama “Tweety” itu juga diambil dari kata “tweet” dan “sweety”.

Setelah baca tulisan ini gue harap semakin banyak orang yang tau arti kata “twitter” & “tweet” yang sebenernya jadi ga cuma asal ngomong lagi tapi tau juga artinya. Pesan moralnya: Belajar bahasa Inggris yang bener! hahaha…😀

6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s