Pengesah Penerjemahan WordPress


Beberapa waktu yang lalu WordPress mengumumkan platform penerjemahan yang baru. Ini bertujuan agar proses penerjemahan WordPress bisa berlangsung lebih cepat. Untuk sekarang ini platform baru ini seh masih mirip ama yang lama tapi dijanjikan nanti bakal ada fitur-fitur lain seperti komentar, profil pengguna (penerjemah), tag, dll.

Selama ini kata-kata dan kalimat yang diterjemahkan pengguna harus disetujui oleh tim Automattic (pendiri WordPress) baru bisa dipakai. Masalahnya orang-orang di Automattic terbatas dan pastinya mereka ga menguasai semua bahasa di dunia jadi selain platform baru ini sekarang mereka membuka kesempatan kepada penggunanya buat jadi pengesah (validator). Pengesah tugasnya itu ya membantu menyetujui atau menolak terjemahan-terjemahan yang masuk dan tetep ikut menerjemahkan juga. Ga perlu syarat-syarat khusus dan teknis, yang penting pengen membantu aja.

Begitu baca pengumuman ini gue langsung mengajukan diri lewat forum dan setelah diskusi yang amat sangat singkat (menurut gue) akhirnya kemaren gue resmi diterima jadi “Indonesian Translation Validator”!😀 Jumlah pengesah seluruhnya untuk Bahasa Indonesia ada 3 orang: gue, moderator forum WordPress Bahasa Indonesia, dan penerjemah WordPress.org. Dari semuanya itu kayaknya cuma gue yang awam. Agak minder juga seh tapi gue bakal bekerja sebaik mungkin. Gue mau mengajukan diri jadi pengesah karena gue pengen WordPress.com bisa diterjemahkan dengan baik soalnya selama ini gue liat terjemahannya itu banyak yang ngaco amit-amit dan gue ga bisa berbuat apa-apa selain ngasih saran terjemahan yang baru (yang belom tentu disetujui). Sekarang dengan adanya kesempatan jadi pengesah gue bakal memperbaiki terjemahan WordPress.com.

Meskipun kerjaan ini ga formal gue tetep nganggep serius kerjaan ini. Ini juga sekalian kesempatan gue buat belajar bertanggung jawab dan sekalian menambah pengetahuan & pengalaman gue.

Inilah rencana gue ke depannya:

  • gue berencana buat satu blog khusus tentang penerjemahan ini biar semua pengguna wordpress yang berbahasa Indonesia bisa ngedapetin info-info dan kasih komentar tentang penerjemahan WordPress dan syukur-syukur kalo semakin banyak orang yang ikut nerjemahin. Di blog ini juga bisa dibahas kenapa suatu kalimat diterima atau ditolak atau diubah. Trus lebih lanjut lagi kalau ada kalimat yang bisa diterjemahkan ke lebih dari satu gaya atau versi bisa diadakan polling buat nentuin versi mana yang mau dipake. Tentunya gue bakal mengajak pengesah yang lain untuk mengelola blog ini.
  • gue berencana akan rutin menetujui atau menolak saran-saran terjemahan secara teratur (setiap hari atau beberapa hari sekali) tentang jadwalnya masih belom gue tentuin.

Untuk sementara kira-kira itu dulu yang bakal gue lakukan. Untuk yang mau ikut nerjemahin WordPress.com bisa langsung ngasih terjemahannya di http://translate.wordpress.com/projects/wpcom/id/default .

7 comments

  1. We have a lot to discuss. (walah!..keterusan sok inggrisnya).

    Tadinya aku ke sini mau ngajak kamu diskusi tentang lokalisasi ini. tapi ternyata pikiran kita sama, mau bikin blog khusus buat lokalisasi. Ya udah, cepetan bikin. Nanti kita diskusi di sana.

    Btw, ga usah minder. yang penting semangatnya, bukan awam nggaknya. Kita bikin WordPress dalam bahasa Indonesia yang komunikatif dan nggak ngaco!

    1. Wah, akhirnya Mbak Yella nongol di sini. Dari kemaren mau kontak lewat email minta pendapat tentang blog malah ga ketemu emailnya. Untung orangnya yang dateng sendiri ke sini! Ya udah segera dibikin blognya!

  2. Meski kita belum kenal lama (emang kapan pernah kenalan? :roll) tapi aku yakin kamu orang yg tepat hanya dengan melihat pola berpikir dan pengorganisiran cara kerjamu. Ga usah minder, itu ciri orang yg jauh dari kesuksesan. Good luck for ya’ll🙂

Tinggalkan Balasan

