LCD “Baru”


Setelah sekian lama gue pake monitor CRT, hari ini gue akhirnya pake monitor LCD juga buat komputer gue! Tadi sore nyokap pulang dari kantor bawain LCDnya. LCD ini bukan LCD baru tapi LCD dari kantornya yang udah rusak tapi udah dibetulin. Katanya yang rusak power supply-nya trus nyokap gue betulin seharga 350 ribu. (mahal ga ya?)

Beberapa hari sebelomnya gue udah dikasih tau ama nyokap kalo di kantornya ada LCD rusak dan katanya bisa dibetulin. Dia tanya gue mao ga pake LCD, gue ya jawab mao-mao aja. Nyokap bilang ongkos betulinnya tuh 350 ribu, dia tanya ama gue segitu mahal ga dan karena gue ga tau gue disuruh cari tau deh. Katanya kalo mahal ya ga usah dibetulin. Gue seh ga nyari tau dan diem-diem aja tapi tau-taunya tadi sore nyokap pulang bawa LCD. Ya udah deh sekarang dipasang & dipake!

Monitor lama

Monitor lama gue

Sedikit tentang monitor lama gue, monitor lama gue itu mereknya Philips tipe 107 T5, layar datar (datar boong-boongan), diagonal 17″ (padahal visualnya cuma 16″). Sejak gue beli komputer pertama kali ga pernah diganti. Waktu awal pake aja udah menunjukkan tanda-tanda ga beres, gambar di sebelah kiri goyang-goyang gitu ga tau kenapa. Diservis juga ga sembuh-sembuh tapi tau-tau ilang sendiri goyangannya tapi kadang-kadang bisa kambuh lagi. Makin lama dipake makin muncul “penyakit tua”-nya: tombol power-nya susah dipencet, trus tau-tau tombol setting di depan jadi ga bisa dipencet semua, menu settingan juga ga bisa diakses jadi ga bisa atur brightness, contrast, V position, H position, dan kawan-kawannya. Dan tau-tau gambar yang ditampilin melebar ke kanan gitu ga pas ama ukuran layarnya, jadi ada gambar di sebelah kanan yang kepotong & ga keliatan sekitar 0,5 – 1 cm gitu, cukup merepotkan kalo butuh lihat full screen. Uniknya, karena masalah ini gue jadi harus nyoba-nyoba resolusi dan frekuensi mana yang paling bisa nampilin gambar maksimum. hahaha

LCD baru

LCD yang “baru” ini mereknya AOC ga tau tipe apa, diagonalnya 15″, cuma 1″ lebih kecil dari CRT gue jadi gapapa lah. Sekarang udah bisa lihat seluruh gambar tanpa ada yang kepotong lagi! Udah bisa liat jam lagi! hahaha… Sayangnya resolusi maksimumnya cuma 1024 x 768 padahal monitor Philips gue bisa ampe 1280 x 960 (meskipun frekuensinya jadi rendah). Tapi ini ga masalah juga soalnya sebelomnya juga gue cuma pake resolusi 1152 jadi ga terlalu beda jauh. Yang berasa beda banget itu cahayanya. Gue berasa LCD ini terang banget! Mao gue utak atik brightness & contrast-nya juga tetep aja berasa silau. Sebelomnya gue pake filter seh jadi agak gelap & ga silau gitu. Filternya mao gue pasang di LCD tapi bingung cara masangnya. Nanti deh baru dipikirkan biar filternya tetep bisa dipake. Trus warnanya juga kayaknya terdistorsi gitu! Gue bukan orang desain yang matanya peka banget tapi entah kenapa gue ngerasa warnanya jadi aneh kalo dibandingin ama CRT gue yang lama. Moga-moga cuma perasaan aja dan lama-lama terbiasa. Ya mudah-mudahan juga LCD ini awet dan bisa mengurangi kerusakan mata gue! haha…

2 comments

  1. ahahah.. nice post.. wkwkwk..
    congratz wat lcd ‘baru’nya yak..

    btw, servis lcd jgn sembarangan loh.. ky tmn gw tar nasibnya.. soalny banyak tuh tukang servis lcd yg suka meretelin komponen lcd lama yg masih bagus sama komponen murahan pny dia.. wkwkwk.. contoh yg plg jelasnya maru2 d jln shyahdan.. wkwk..

    untuk monitor merk aoc sih bagus kok.. tmn gw make merk itu juga fine2 ajah n bertahan lama banget.. plg banter emg kelemahan lcd yh itu.. warnanya ga sehebat crt. cuman beda dikit doang kok.. dibiasain ajah yh.. wkwkkw.. btw, ga perna gw liat org pake lcd pake filter item segala.. hahaha..

    1. Ini nyokap gue servis ama langganan kantornya kayaknya. Gue seh terima jadi aja ga tau servisnya bener ato ga… hahaha…

      Masa seh maru-maru gitu? wah bahaya donk ya! :p

      Ini juga blom tentu mao dipake filternya. Mao dipake juga bingung gemana masangnya. Tapi gue berasa silau banget sekarang! ahaha

Tinggalkan Balasan

