Protes Tagihan Speedy


Gue yakin sebagian besar pelanggan Speedy pasti pernah ngerasain saat-saat buruk bersama Speedy, entah itu sambungan internet yang ga stabil, kecepatan internet yang lambat, ataupun perhitungan tagihan yang ngaco. Meskipun begitu toh pelanggan Speedy masih tetep banyak. Banyak pelanggan hanya bisa pasrah tapi ada beberapa orang protes memperjuangkan haknya. Dari yang protes itu pun banyak yang akhirnya pasrah juga karena protesnya ga ditanggapi. Biasanya orang protes cuma lewat telpon 147 atau paling banter dateng ke Plasa Telkom. Kalo ternyata ga membuahkan hasil biasanya mereka pasrah.

Gue pengen kasih tau kalo sebenernya masih ada jalan lain atau bisa dibilang jalan terakhir untuk memperjuangkan hak kita seandainya telpon ke 147 atau komplain langsung ke Plasa Telkom masih ga membuahkan hasil. Kita bisa mengajukan keluhan atau keberatan ke Telkom secara tertulis. Gue baru aja melakukan itu bulan ini (gara-gara tagihan ngaco akibat migrasi paket tengah bulan) dan hasilnya tagihan Speedy gue turun Rp 200 ribu dari Rp 565 ribu jadi Rp 366 ribu.

Berikut ini caranya (yang gue tulis ini berdasarkan kasus gue komplain tentang tagihan):

  1. Dateng ke Plasa Telkom terdekat, laporkan keluhan anda. Kalo anda masih ga terima dengan penjelasan dari layanan pelanggannya bilang aja anda mao mengajukan keberatan dan minta dispensasi.
  2. Customer service bakal mencetak perincian tagihan dan mengisikan lembar Laporan Keluhan Pelanggan dengan keluhan anda. Dua kertas itu akan dikasih ke anda dan anda akan diminta untuk melampirkan fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, perincian pemakaian, dan surat pernyataan lalu menyerahkan semuanya kembali ke Plasa Telkom.
  3. Isi kotak Uraian Pelaporan pada lembar Laporan Keluhan Pelanggan dengan keluhan anda (secara garis besar aja, detailnya tulis di surat). Siapkan fotokopi KTP dan KK. Cetak perincian pemakaian, perincian pemakaian bisa di-download dari situs Speedy. Buat surat pernyataan berisi pernyataan keberatan dan keluhan anda secara mendetail. (tapi gue nulisnya juga ga detail-detail banget)
  4. Serahkan 6 lembar persyaratan itu (Laporan Keluhan Pelanggan, perincian tagihan, perincian pemakaian, surat pernyataan, fotokopi KTP, fotokopi KK) ke Plasa Telkom, boleh hari yang sama boleh juga besokannya.
  5. Tunggu jawaban dari Telkom, jawaban akan dikirim lewat pos. Gue seh waktu itu dibilangnya jawaban diterima paling lambat 2 minggu tapi kenyataannya 1 minggu doank udah dateng surat jawabannya. hehehe…

Jawaban yang gue dapet dari Telkom tuh klaim gue diterima dengan rincian bla bla bla (intinya tagihan gue berkurang 200 ribu) dan gue diharuskan dateng ke Plasa Telkom lagi buat bayar tagihannya. Ga sia-sia kan gue bolak balik Plasa Telkom! Gue juga pengen pelanggan lain yang merasa dirugikan untuk protes dengan gigih terus memperjuangkan haknya sampai jalan terakhir! Mudah-mudahan protesnya membuahkan hasil yang baik. Kalo misalnya udah protes secara tertulis kayak gue tapi jawabannya klaimnya tidak diterima ya udah lah.. Nasib! Setidaknya semua jalan udah dicoba!😀

4 comments

  1. Udah janji bohong, putus2 lagi. Sungguh penyesalan besar memakai speedy. Harusnya speedless, The speed you can’t trust. Udah berkali2, tapi timeout, DSL ketap-ketip. Tulis berulang-ulang, mau posting di sepedaku.com. Mending saya pergi ke Jepang, langganan So-net 2 juta per bulan, nyata 7.2 Mbps.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s