Informasi Penting Pemilu Legislatif


Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik (hahaha), gue pengen membantu menyosialisasikan informasi mengenai pemilu yang pelaksanaannya tinggal beberapa hari jam lagi. Gue nulis ini karena gue sendiri merasa kesulitan waktu mencari informasi tentang pemilu di internet, terutama visi misi partai dan informasi tentang caleg. Tulisan ini berisi rangkuman sumber-sumber informasi terbaik (menurut gue) di internet yang berhasil gue dapet dengan susah payah. Informasi ini terutama buat para pemilih pemula (seperti gue) yang selain belom pengalaman ikut pemilu,  ga kenal ama caleg dan ga tau visi misi partai,  gue yakin juga kebanyakan ga peduli ama pemilu. Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam menentukan pilihan dalam pemilu besok nanti! (Jujur aja gue juga masih belom tau & bingung mau pilih siapa.)

Waktu dan Tempat
Tanggal: Kamis, 9 April 2009
Jam: 09.00 07.00 – 12.00 waktu setempat
Tempat: Tempat Pemilihan Suara masing-masing (kalo ga tau di mana coba tanya Pak RT)

Daftar nama calon anggota DPR / DPRD / DPD
Daftar caleg lengkap bisa di-download di www.caleg-pemilu2009.info. Pilih daerah pemilihan yang sesuai lalu klik download. Keterangan mengenai caleg seperti biodata dan visi misi juga bisa dilihat di caleg.pemiluindonesia.com. Di situ anda juga bisa berkomentar mengenai caleg yang bersangkutan tapi saya yakin ga semua caleg ada di situ. Saya juga menemukan jawaban (daftar janji) dari kuisioner yang dikirimkan tim janganbikinmalu2009.com ke para caleg. Daftar janjinya dapat dilihat di sini. Jawaban itu katanya jawaban asli dari caleg tanpa proses editing loh!

Daftar partai peserta pemilu
Selain nama caleg, anda sebaiknya tau juga parpol apa aja yang ikut dalam pemilu kali ini. Daftar partai peserta pemilu dan keterangan mengenai partai tersebut (visi & misi, ketua, alamat kantor, situs web, dll) bisa dilihat di www.pemiluindonesia.com/partai. Keterangan yang ada di sana cukup mudah diakses, ga seribet yang ada di media center-nya KPU. Poster daftar parpol dalam format pdf juga dapat di-download di sini.

Kertas suara
Untuk pemilih yang berada di Jakarta, anda akan mendapat 3 (tiga) macam kertas suara yaitu untuk calon anggota DPD (1 lembar), calon anggota DPR (1 lembar), dan calon anggota DPRD provinsi (2 lembar). Sedangkan anda yang berada di luar Jakarta akan mendapat 4 (empat) macam kertas suara yaitu untuk calon anggota DPD, calon anggota DPR, calon anggota DPRD provinsi, dan calon anggota DPRP kabupaten / kota (jumlah lembar ga tau). Masing-masing kertas suara memiliki warna yang berbeda, sayang gue ga hapal jadi ga bisa kasih tau.

NB: Tadinya gue juga mau kasih info tentang cara memilih (mencontreng), tata cara ikut pemilu, dll tapi karena waktunya udah mepet jadi segini aja info yang bisa gue kasih. Semoga berguna!

2 comments

Tinggalkan Balasan

