Bulan: April 2009

Selamat Paskah 2009

Gue pengen ngucapin “Selamat Paskah 2009” untuk anda yang merayakannya!

Semoga sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus bisa mengingatkan kita betapa Allah sungguh-sungguh sangat mencintai kita! Oleh karena itu kita harus membalas cinta-Nya dengan hidup sesuai dengan kehendak-Nya!

Salam,

egomaniac_signature

Iklan

Informasi Penting Pemilu Legislatif

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik (hahaha), gue pengen membantu menyosialisasikan informasi mengenai pemilu yang pelaksanaannya tinggal beberapa hari jam lagi. Gue nulis ini karena gue sendiri merasa kesulitan waktu mencari informasi tentang pemilu di internet, terutama visi misi partai dan informasi tentang caleg. Tulisan ini berisi rangkuman sumber-sumber informasi terbaik (menurut gue) di internet yang berhasil gue dapet dengan susah payah. Informasi ini terutama buat para pemilih pemula (seperti gue) yang selain belom pengalaman ikut pemilu,  ga kenal ama caleg dan ga tau visi misi partai,  gue yakin juga kebanyakan ga peduli ama pemilu. Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam menentukan pilihan dalam pemilu besok nanti! (Jujur aja gue juga masih belom tau & bingung mau pilih siapa.)

Waktu dan Tempat
Tanggal: Kamis, 9 April 2009
Jam: 09.00 07.00 – 12.00 waktu setempat
Tempat: Tempat Pemilihan Suara masing-masing (kalo ga tau di mana coba tanya Pak RT)

Daftar nama calon anggota DPR / DPRD / DPD
Daftar caleg lengkap bisa di-download di www.caleg-pemilu2009.info. Pilih daerah pemilihan yang sesuai lalu klik download. Keterangan mengenai caleg seperti biodata dan visi misi juga bisa dilihat di caleg.pemiluindonesia.com. Di situ anda juga bisa berkomentar mengenai caleg yang bersangkutan tapi saya yakin ga semua caleg ada di situ. Saya juga menemukan jawaban (daftar janji) dari kuisioner yang dikirimkan tim janganbikinmalu2009.com ke para caleg. Daftar janjinya dapat dilihat di sini. Jawaban itu katanya jawaban asli dari caleg tanpa proses editing loh!

Daftar partai peserta pemilu
Selain nama caleg, anda sebaiknya tau juga parpol apa aja yang ikut dalam pemilu kali ini. Daftar partai peserta pemilu dan keterangan mengenai partai tersebut (visi & misi, ketua, alamat kantor, situs web, dll) bisa dilihat di www.pemiluindonesia.com/partai. Keterangan yang ada di sana cukup mudah diakses, ga seribet yang ada di media center-nya KPU. Poster daftar parpol dalam format pdf juga dapat di-download di sini.

Kertas suara
Untuk pemilih yang berada di Jakarta, anda akan mendapat 3 (tiga) macam kertas suara yaitu untuk calon anggota DPD (1 lembar), calon anggota DPR (1 lembar), dan calon anggota DPRD provinsi (2 lembar). Sedangkan anda yang berada di luar Jakarta akan mendapat 4 (empat) macam kertas suara yaitu untuk calon anggota DPD, calon anggota DPR, calon anggota DPRD provinsi, dan calon anggota DPRP kabupaten / kota (jumlah lembar ga tau). Masing-masing kertas suara memiliki warna yang berbeda, sayang gue ga hapal jadi ga bisa kasih tau.

NB: Tadinya gue juga mau kasih info tentang cara memilih (mencontreng), tata cara ikut pemilu, dll tapi karena waktunya udah mepet jadi segini aja info yang bisa gue kasih. Semoga berguna!

Cara Minta Surat Keterangan Kehilangan dari Polisi

Tadi siang gue baru nemenin temen gue bikin surat keterangan hilang dari polisi karena kartu mahasiswanya ilang. Ternyata ga susah, lama, & ribet seperti yang gue bayangin. Jadi buat yang pengen bikin surat keterangan hilang, begini caranya:

  1. Dateng ke kantor polisi terdekat. Tadi sih gue pergi ke kantor polisi Tanjung Duren.
  2. Bilang ke polisi yang ada di sana anda mau bikin surat keterangan hilang. Nanti anda harusnya dianter ke bagian yang ngurusin itu.
  3. Polisi yang ngurus pembuatan surat itu harusnya minta KTP anda trus nanyain barang apa yang ilang. Nanti bakal ditanya juga seputar barang yang ilang itu kayak ilangnya kapan dan dimana (ini sih dijawab seingetnya ato asal aja). Trus kalo kartu mahasiswa ya ditanyanya kartu mahasiswa mana. Kalo misalnya buku tabungan ya ditanya bank apa, no rekeningnya, dll.
  4. Abis ditanya-tanyain polisi itu bakal ngetikin surat keterangannya trus abis suratnya dicetak anda bakal disuruh meriksa suratnya udah bener belom.
  5. Kalo udah bener, KTP anda bakal dibalikin trus polisi itu (atau asistennya) bakal minta cap dan tanda tangan dari atasannya. Anda tunggu aja sampe polisi itu balik lagi.
  6. Setelah dicap dan ditanda tangan suratnya udah jadi dan bisa dibawa deh.

Ngurus surat ini sebenernya gratis alias bebas biaya tapi karena udah jadi semacem “rahasia umum” atau “budaya” (budaya ngaco!) di Indonesia jadi tadi temen gue kasih salam tempel sebesar Rp 10000. Sekedar info aja, tadi polisinya tuh ga macem-macem, rese ato minta duit segala koq. Abis ditanda tangan dia langsung kasih suratnya ke temen gue. Jadi kayaknya kalo tadi kita langsung pergi juga gapapa. Cuman kan gue juga sering denger cerita (mungkin di kantor polisi lain) ada polisi yang rese, kalo ga ngasih duit suratnya bakal ditahan dan ga dikasih-kasih, dsb dsb. Jadi untuk menghindari hal-hal seperti itu mending siapin aja deh salam tempel-nya. 😉

Yang Sebaiknya Dilakukan di Masa Tenang Pemilu

Di masa tenang pemilu ini mari kita menenangkan diri (menghilangkan stress dan menghibur diri) dari kejelimetan pemilu dan kampanye parpol yang amburadul agar kita bisa yakin menentukan pilihan pada tanggal 9 April nanti. Salah satu cara menenangkan diri adalah dengan melihat video-video parodi yang dibuat oleh para pekerja seni kita yang prihatin terhadap kondisi politik negeri ini. Video ini sarat makna, kritis, dan yang penting video ini lucu dan menghibur. Video ini bisa jadi obat mujarab untuk menghilangkan stress gara-gara kebanyakan ngeliat iklan & kampanye parpol yang ga jelas.

Video-video berikut ini juga bisa dilihat di JanganBikinMalu2009.com dan YouTube. Selamat menikmati! Hahahaha.. 😀


(yang ini gue suka banget! wakakaka…)

(lebih…)