Cara Beli Tiket Kidzania Lewat Internet


Barusan gue bantuin mama gue beli tiket Kidzania lewat internet. Jelas bukan gue yang mao ke Kidzania tapi dua sepupu gue yang lucu-lucu yang masih SD. Dua sepupu gue itu belom pernah ke Kidzania sama sekali karena rumah mereka jauh di Pamulang. Nah, kali ini mama gue mao ngajak mereka ke Kidzania sebagai hadiah Natal.😀

Berikut ini bakal gue kasih tau cara beli tiket Kidzania lewat internet. Tidak ada panduan gambar karena makan waktu banget kalo mao pake gambar. Semua langkah-langkah gue jelaskan pake kata-kata dan cuma seinget gue jadi ada kemungkinan langkah sebenarnya berbeda ama yang gue tulis. Semoga berguna!

Pembaruan (29 Desember 2008): Gue liat ada beberapa orang yang mencari daftar harga tiket Kidzania yang nyasar ke blog gue. Di tulisan ini emang gue ga kasih daftar harganya karena daftar harganya udah ada di situs kidzania. Yah, buat orang-orang yang masih males nyari, ini deh gue kasih link-nya. Daftar harga tiket masuk Kidzania bisa dilihat di sini.

Sebelumnya lebih baik anda tahu apa aja yang dibutuhkan untuk bisa beli tiket Kidzania lewat internet. Yang dibutuhkan adalah:

  1. Komputer & akses internet
  2. Surat listrik (e-mail)
  3. Kartu Tanda Penduduk
  4. Kartu hutang (Kartu kredit / Credit card) Visa atau Master Card
  5. Mesin cetak (printer) dan kertas

Jika hal-hal yang dibutuhkan tersebut belum ada maka anda tidak bisa membeli tiket Kidzania lewat internet. Jika semua itu sudah ada, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut.

1. Buka situs Kidzania (http://www.kidzania.co.id) dan klik skip intro.

2. Jika anda sudah mempunyai rekening (account) di situs kidzania, silakan login dan lanjutkan ke langkah 3. Jika belum maka klik tulisan sign up yang ada dibawah tombol login, isi data diri anda lalu klik tombol daftar.

3. Klik tulisan Tiket & Reservasi yang ada di bagian atas.

4. Pilih jenis tiket yang ingin dipesan, Personal, Grup Sekolah, atau Pesta Ulang Tahun. (Karena tadi gue beli yang personal jadi panduan seterusnya cuma untuk yang personal aja. Maaf ya, buat yang lain coba-coba aja, harusnya sih mirip-mirip langkahnya.)

5. Di situsnya bakal dikasih tau tentang sesi-sesi yang tersedia, pilih tanggal kunjungan di bagian bawah dan klik OK.

6. Pilih sesi lalu klik Check Quota.

7. Isi jumlah tiket yang ingin dibeli. Di sini dikasih liat harga satuan dan harga total tiketnya. Klik Proses Selanjutnya jika sudah selesai.

8. Periksa kembali pesanan tiket anda. (Perhatikan di bagian cara pembayaran hanya ada satu pilihan yaitu Kartu Kredit.) Jika sudah benar klik Proses Selanjutnya.

9. Sekali lagi periksa data diri anda, alamat e-mail anda, tanggal pesan, tanggal kunjungan, jumlah tiket, harga total, dll. Setelah melewati langkah ini anda tidak bisa merubah pesanan anda. Jika semua sudah benar klik confirm the order.

10. Sekarang anda harusnya berada di halaman yang tampilannya agak berbeda dengan situs Kidzania tadi. Di kotak alamat (address bar) browser anda harusnya kira-kira tertulis https://www.nsiapay.com/ipg_payment/RegisterOrderInfo. Ini penting untuk diperiksa agar anda tidak menjadi korban penipuan situs-situs palsu dan semacamnya. (Jika anda ragu, hubungi pihak Kidzania)

Di bagian Payment Method pilih Visa/Master, di bagian Credit Card Number masukkan nomor kartu kredit anda , di bagian CVV2 masukkan 3 angka terakhir nomor yang tertera di bagian belakang kartu kredit anda, di bagian Expiry Date masukkan bulan dan tahun kadarluwarsa kartu anda, lalu klik Process Payment.

11. Selanjutnya transaksi akan diproses. Sekarang anda dipersilakan untuk mencetak bukti transaksi yang ada pada layar. Klik Print untuk mencetak bukti transaksi atau langsung klik Continue untuk melanjutkan.

12. Tiket Kidzania anda telah dikirim ke e-mail anda, logout lah dari situs Kidzania.

13. Buka e-mail anda, pastikan ada surat masuk dari Kidzania yang berisi tiket anda. Tiket biasanya terdapat di bagian sisipan (attachment) dan formatnya berupa pdf. Jika tidak ada, tunggulah beberapa saat lalu periksa kotak masuk e-mail anda lagi. Jika masih belum ada, segera hubungi pihak Kidzania.

14. Download lalu cetak tiket anda dan anda pun siap mengajak anak-anak ke Kidzania!🙂

Perhatian: Gue ga menjamin apapun dan ga bertanggung jawab atas kerugian apapun yang mungkin timbul akibat pemanfaatan informasi ini. Panduan ini gue tulis seinget gue jadi kemungkinan ada perbedaan dengan langkah-langkah yang sebenarnya (terutama langkah no. 11 dan seterusnya). Cara beli tiket lewat internet juga dapat diubah kapan aja oleh pihak Kidzania dan kalo berubah ya berarti pasti bakal ada yang beda dengan langkah-langkah yang gue tulis di atas. Kalau masih ada yang kurang jelas mengenai panduan ini silakan tanya ke gue (gue bakal jawab sebisa gue) atau tanya langsung ke Kidzania.😀

One comment

Tinggalkan Balasan

