Cara Minta Surat Keterangan Kehilangan dari Polisi


Tadi siang gue baru nemenin temen gue bikin surat keterangan hilang dari polisi karena kartu mahasiswanya ilang. Ternyata ga susah, lama, & ribet seperti yang gue bayangin. Jadi buat yang pengen bikin surat keterangan hilang, begini caranya:

  1. Dateng ke kantor polisi terdekat. Tadi sih gue pergi ke kantor polisi Tanjung Duren.
  2. Bilang ke polisi yang ada di sana anda mau bikin surat keterangan hilang. Nanti anda harusnya dianter ke bagian yang ngurusin itu.
  3. Polisi yang ngurus pembuatan surat itu harusnya minta KTP anda trus nanyain barang apa yang ilang. Nanti bakal ditanya juga seputar barang yang ilang itu kayak ilangnya kapan dan dimana (ini sih dijawab seingetnya ato asal aja). Trus kalo kartu mahasiswa ya ditanyanya kartu mahasiswa mana. Kalo misalnya buku tabungan ya ditanya bank apa, no rekeningnya, dll.
  4. Abis ditanya-tanyain polisi itu bakal ngetikin surat keterangannya trus abis suratnya dicetak anda bakal disuruh meriksa suratnya udah bener belom.
  5. Kalo udah bener, KTP anda bakal dibalikin trus polisi itu (atau asistennya) bakal minta cap dan tanda tangan dari atasannya. Anda tunggu aja sampe polisi itu balik lagi.
  6. Setelah dicap dan ditanda tangan suratnya udah jadi dan bisa dibawa deh.

Ngurus surat ini sebenernya gratis alias bebas biaya tapi karena udah jadi semacem “rahasia umum” atau “budaya” (budaya ngaco!) di Indonesia jadi tadi temen gue kasih salam tempel sebesar Rp 10000. Sekedar info aja, tadi polisinya tuh ga macem-macem, rese ato minta duit segala koq. Abis ditanda tangan dia langsung kasih suratnya ke temen gue. Jadi kayaknya kalo tadi kita langsung pergi juga gapapa. Cuman kan gue juga sering denger cerita (mungkin di kantor polisi lain) ada polisi yang rese, kalo ga ngasih duit suratnya bakal ditahan dan ga dikasih-kasih, dsb dsb. Jadi untuk menghindari hal-hal seperti itu mending siapin aja deh salam tempel-nya. ;-)

About these ads

19 comments

  1. Mohon maaf ane luruskan. Laporan dalam Kepolisian bermacam-macam Laporan Model A,B,C adlh laporn/pengaduan ttg peristiwa pidana dan laporan yang lain adalah ttg kehilangan barang, kebakaran, dan bencana alam semua ini tanpa biaya dasar hukumnya adalah silahkan buka PP Nomor 50 Tahun 2010 ttg PNBP yang berlaku di POLRI (Semua urusan administrasi disini sdh dijelskn ttg brpa jmlh yg hrus dibyar n g usah tanya lagi…) dan dlm PP tersebut kategori laporan di atas tdk ada als tdk dijelaskan so polri tdk ada dasar melakukan pngutan. Persoaln persyaratan surat yg hilang memg betul, agt polri yg teliti hrus melakukan klarifikasi ats laporan khilgan tersebut, Cntih : si A lapor kehilangan ijazah disalh satu perguruan tinggi, anggota polri tdk serta merta membuat harus mngklarifikasi bahwa si A btul adalh lulusan salah satu perguruan tinggi tersebut sehingga diminta dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi tersebut trmsuk dgn nomor iijazahx klu tanpa surat keterangan tsb mka oknum dpt menyalah gunakanx.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s