Cara Minta Surat Keterangan Kehilangan dari Polisi


Tadi siang gue baru nemenin temen gue bikin surat keterangan hilang dari polisi karena kartu mahasiswanya ilang. Ternyata ga susah, lama, & ribet seperti yang gue bayangin. Jadi buat yang pengen bikin surat keterangan hilang, begini caranya:

  1. Dateng ke kantor polisi terdekat. Tadi sih gue pergi ke kantor polisi Tanjung Duren.
  2. Bilang ke polisi yang ada di sana anda mau bikin surat keterangan hilang. Nanti anda harusnya dianter ke bagian yang ngurusin itu.
  3. Polisi yang ngurus pembuatan surat itu harusnya minta KTP anda trus nanyain barang apa yang ilang. Nanti bakal ditanya juga seputar barang yang ilang itu kayak ilangnya kapan dan dimana (ini sih dijawab seingetnya ato asal aja). Trus kalo kartu mahasiswa ya ditanyanya kartu mahasiswa mana. Kalo misalnya buku tabungan ya ditanya bank apa, no rekeningnya, dll.
  4. Abis ditanya-tanyain polisi itu bakal ngetikin surat keterangannya trus abis suratnya dicetak anda bakal disuruh meriksa suratnya udah bener belom.
  5. Kalo udah bener, KTP anda bakal dibalikin trus polisi itu (atau asistennya) bakal minta cap dan tanda tangan dari atasannya. Anda tunggu aja sampe polisi itu balik lagi.
  6. Setelah dicap dan ditanda tangan suratnya udah jadi dan bisa dibawa deh.

Ngurus surat ini sebenernya gratis alias bebas biaya tapi karena udah jadi semacem “rahasia umum” atau “budaya” (budaya ngaco!) di Indonesia jadi tadi temen gue kasih salam tempel sebesar Rp 10000. Sekedar info aja, tadi polisinya tuh ga macem-macem, rese ato minta duit segala koq. Abis ditanda tangan dia langsung kasih suratnya ke temen gue. Jadi kayaknya kalo tadi kita langsung pergi juga gapapa. Cuman kan gue juga sering denger cerita (mungkin di kantor polisi lain) ada polisi yang rese, kalo ga ngasih duit suratnya bakal ditahan dan ga dikasih-kasih, dsb dsb. Jadi untuk menghindari hal-hal seperti itu mending siapin aja deh salam tempel-nya. ;-)

15 comments

  1. pak saya ingin mengajukan berita kehilangan,,jam 3 sore tanggal 31-05-2010
    saya kecopetan di bas mayasari jP 06 urusan grogol rambutan,
    dan di dalam dompet saya terdapat ,ATM,KTP ,kartu ANGGOTA JAMSOSTEK,serta sejumlah uang,,
    gimanah yah pak,kalo saya mau mengadukan ke kapolsek terdekat di tempat tinggal saya,,
    dan apakah ada biayanya,,, sedangkan saya jujur udah ga punya uang lagi,,

    1. Wew.. Saya bukan polisi.. Jangan ngadu ke saya. Saya cuma berbagi pengalaman gemana cara minta surat kehilangan dari polisi..
      Kalo soal ada biaya atau ga untuk bikin surat ini ya RESMInya sih tidak ada biaya harusnya.. tapi ya ga tau juga dengan polisi di tempat Anda. Coba baca tulisan saya sekali lagi.. waktu itu polisinya juga tidak minta duit ke teman saya cuma teman saya (atas saran saya) yang mau ngasih..

  2. aku kemarin coba ke kantor polisi untuk minta surat kehilangan ijazah dan beberapa dokumen training lainnya
    kok mereka ribet bener yah? minta surat pengantar dari kampus bahwa saya memang memiliki ijazah yang hilang itu, trus surat pengantar dari semua lembaga kursus untuk minta surat keterangan yang menjelaskan saya pernah ikut training2, trus ke rt rw untuk surat pengantar bahwa saya kehilangan ktp dan saya penduduk daerah itu….
    waaaaaaaaaa kok ribet bgitu ???

    1. hmm.. saya juga kurang tau kenapa begitu.. Dugaan saya mungkin itu karena dokumen yang hilang itu adalah dokumen penting jadi polisinya minta bukti-bukti kepemilikan biar lebih yakin. Kalo ga nanti siapa aja bisa ngaku2 kehilangan surat berharga bla bla bla..
      Atau mungkin tiap kantor polisi punya syaratnya sendiri-sendiri kali.. ato tergantung mood polisinya lagi baik mau langsung bikinin surat ato lagi curigaan sampe minta ini itu… Kalo udah begitu ya mau gemana lagi.. mungkin bisa ke kantor poisi yang lain atau ya dituruti aja maunya tuh polisi.. hahahaha

  3. gw tadi siang kehilangan dompet isinya sim, stnk, kartu atm, dan kartu2 laen ilang pas lg diluar kota, trus langsung ke kantor polisi setempat tp apa yang didapat… kecewa bos, mksdnya mau minta surat kehilangan dr kepolisian tp jawaban petugas yg jaga malah disuruh ke kantor desa… (aneh udah tau hari libur cuti bersama)… trus disuruh lapor ke kantor polisi kota tempat tinggal gw… “lha trus diperjalanan pulang klo ada razia gimana pak? surat2 ga ada..” eh petugasnya ga ngasih solusi malah gw disuruh nunggu sampe senin nunggu kantor desa buka…(aneh lg emang situ mau nanggung biaya nginep ama makan gw sekeluarga sampe senin)…. trus urusannya keterangan kantor desa ama surat kehilangan apa sih.. bingung gw… akhirnya nekat balik tanpa surat2 kendaraan…untung ga ada razia…

  4. Saya juga bernasib sama nih.. Tapi yang hilang itu kartu atm.
    Terus saya mencoba buat surat keterangan kepolisiannya di cabang yang sama dengan anda. Tapi anehnya pas semua itu selesai (karena ga ada duit lagi di dompet), saya langsung keluar aja dengan mengucapkan terima kasih ke bapak yang bertugas disana. Trus langsung dipanggil lagi buat bayar uang ‘administrasi’ sebesar ‘gocap’ atau Rp. 50.000,-
    Langsung kaget dong saya. Haha. Tapi mau gimana lagi. Mau ngasih tapi ga ada uang. Trus dikasih diskon semuanya jadi 20.000. Tetap saya ga bisa bayar. Uang di dompet hanya 7000 perak saja.
    Tapi pada akhirnya saya tidak perlu bayar karena sudah pasang muka memelas dan capek karena belum makan dari kemaren malam.
    Terima kasih atas informasinya ya…
    Dan sepertinya biaya ‘administrasi’ itu beda2 ya buat tiap orang. Hahaha.
    Sekian dari saya, terima kasih.

    1. Wah, sangat disayangkan kamu dimintain uang.. Mungkin bener ini tergantung dari masing-masing polisi yang ditemui. Kalo ketemu yang terang-terangan meminta seperti itu ya apa boleh buat..

      Untung aja waktu saya nemenin temen saya polisinya cuma berterima kasih, ga minta lebih atau yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

